11.12.09

SE7EN Heroes


Penulis: Ben Sohib
Penerbit: Bentang Pustaka
Harga: Rp 57000.00
ISBN: 978-979-1227-80-3

"Kenapa, orang-orang hebat ini—para pahlawan yang berjuang dalam kesunyian—hampir semuanya bukanlah orang berlebih. Bila tidak kekurangan materi, mereka memiliki kekurangan fisik atau bahkan keduanya sekaligus. Namun, justru dalam keterbatasan itu mereka mampu dan mau melakukan tindakan yang banyak dihindari orang lain."

Inspiring book about inspiring heroes. Mereka pahlawan di bidangnya masing-masing, pahlawan bagi masyarakat sekitarnya, dan pahlawan yang menginspirasi kita untuk menjadi pahlawan.

Buku ini adalah tentang Gendu Mulatif (yang sudah merawat hampir 10.000 orang gila), Didik Nini Thowok (yang selalu mengembangkan dan melestarikan dunia tari Indonesia), Andi Rabiah (suster apung), Maria Gisela Borosca aka Mama Putih (mama yang membaktikan diri untuk merawat penderita kusta di Flores berpuluh-puluh tahun lamanya), Wanhar Umar (guru sekaligus kepala sekolah di SD terpencil di Muara Enim, Sumatera Selatan), Baba Akong (yang selama belasan tahun menanam bakau di Maumere sampai 23 hektar, sang pahlawan ekologi), dan Sugeng Siswo Yudono (yang membuat kaki palsu dan menginspirasi program 1000 kaki palsu).

Mereka memiliki keterbatasannya masing-masing. Mau itu fisik, materi, maupun keduanya. Tapi mereka tetap bisa menjadi pahlawan. Lalu, apakah kita yang tidak dibatasi seperti mereka terbatasi, apakah mampu menjadi pahlawan seperti mereka?

~ Saya si Pembaca Buku

No comments: