26.10.09

That Silent Summer


Penulis: Elaine Medline
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp 27.500,-
Ukuran: 13 cm x 20 cm
Tebal: 184 halaman
Terbit: 2008
Soft Cover

Buku tipis ini aku habiskan selama seminggu lebih. Bukan karena ceritanya tidak menarik, tapi memang karena waktu yang aku curahkan untuk membaca sudah jauh berkurang. Ceritanya sendiri cukup menarik. Minnow si gadis keriting menghabiskan musim panasnya di rumah neneknya, Yanny yang ditemani oleh Anna dan Cliff (kakak dan adik dari neneknya).

Ide ceritanya sederhana, bagaimana anak kota menghabiskan musim panas di rumah neneknya yang terletak di pedalaman. Walau begitu, cerita ini mengingatkanku pada masa liburanku di waktu kecil, yang tidak pernah kulewatkan bersama Nenek Kakek. Hehehe..

Mbah Kung dan Mbah Putri dari Bapak rumahnya di Blora, sedangkan yang dari Ibu ada di Semarang. Aku, di Bandung. Bertemu cuma lebaran saja, itu pun sampai kelas 5 SD, setelah itu sudah tidak ada lagi yang dikunjungi. Kadang aku iri dengan teman-temanku yang lain, menghabiskan masa liburannya di rumah nenek. Sehingga mereka bisa dengan mudahnya mengerjakan tugas liburan mengarang indah. Huakhahaha..

Kembali kepada Minnow. Cerita Minnow ini memiliki pesan bahwa tidak semua di dunia ini perlu dikatakan. Terkadang sedikit bicara itu lebih baik daripada terlalu banyak bicara. Pada satu saat, kita membutuhkan waktu untuk berpikir tenang dalam diam, tanpa suara. Karena kadang, tanpa suara, semua terlihat dan terasa lebih indah.

Hmmm..

~ Saya si Pembaca Buku

No comments: